Saturday, September 22, 2012

Days Without Okran - Part 2 : Malang dan Okran

“Gue bukan anak orang kaya. Gue kuliah sambil kerja buat bantu biaya hidup keluarga dan sekolah adik gue”

Itu adalah kalimat Okran waktu awal-awal dia pedekate sama gue. Gue sebagai cewek ya gak percaya gitu aja ama apa yang Okran bilang, gue pikir dia ngomong gitu cuma buat narik simpati gue. Sampai akhirnya gue minta Okran buat datang ke Malang kalo emang doi serius mau jadian ama gue.


“Ya aku tau kamu ragu sama kesungguhan aku. Emang mestinya aku kesana. Mumpung aku lagi libur kuliah juga besok aku ke Malang naik kereta.”

And you know what, Okran beneran bakal ke Malang. He told that he would take a train for being here. Dan yang lebih mengagetkan lagi buat gue adalah doi ke Malang naik kereta Matarmaja. Kereta ekonomi kelas bawah yang dengan duit Rp.51.000 rupiah aja lo udah bisa nyampe Malang atau sebaliknya. Kurang lebih 18 jam gue mesti nungguin Okran buat nyampe di Malang. Sepanjang jalan Okran berusaha untuk keep in touch sama gue. Dan selama perjalanannya itu pula gue khawatir minta ampun. Gimana bisa, pacar gue berada dalam kereta api kelas ekonomi yang punya stereotip agak menyeramkan dari sisi kriminalitasnya. Tapi yang bisa gue lakuin hanyalah berdoa dan berdoa.

Alhamdulillah, paginya Okran sampai di Malang dalam keadaan selamat dan rada kucel. Gue jemput Okran di stasiun pake taksi. Di dalam taksi gue ngerasa canggung. Mungkin karena ini pertama kalinya gue ketemu sama Okran sebagai pacar yang jadian lewat sms,hee. Sesampainya Okran di Malang, kita ngabisin waktu bersama dengan berkeliling Kota Malang. Gue jalan-jalan bareng dia.

Kalo gue liat dari segi penampilan, Okran jauh dari kata stylish dalam berpakaian. Jatuhnya lebih ke selengean. Bahkan gue pernah liat doi pake kaos yang kainnya udah bolong-bolong macam di gigit tikus. Gue yang awalnya mau ngajak doi dinner di cafe yang agak elit jadi ilfil dan akhirnya gue cuma ngajak doi ke warteg buat makan lalapan ayam. Gue semakin penasaran sama Okran, semiskin yang gue pikirkah ini orang?

“Bosen yah muter - muter Malang. Gimana kalo kita maen – maen ke Surabaya. Kamu udah pernah ke Surabaya belum?”

“Belum sih. Seriusan mau ke Surabaya?” Okran menimpali penuh semangat.

“Iya. Tapi naik apa yah. Kan kita gak punya mobil. Kalo naik motor aku gak tau jalannya. Kalo naik bus kan ribet banget.” Gue mulai berdalih.

“Kita naik bus aja lah. Kan entar pas nyampe di Surabaya nya bisa nanya – nanya. Asal tau mau kemananya aja. Kalo aku sih udah biasa yah naik bus umum atau angkot di Jakarta, gak tau kamunya.”

Denger Okran ngomong begitu gue merasa kesindir. Gue merasa doi meremehkan gue.

“Ya udah deh. Kita ke Surabaya nya naik bus aja!!!”

Besoknya gue sama Okran naik bus ke Surabaya. Demi Tuhan, itu pertama kalinya gue naik bus umum ke Surabaya. Gue dulu biasanya bareng mantan pacar gue naik mobil pribadi. Dan begonya gue, gue salah kostum pas naik bus. Gue pake dress tanpa lengan warna biru muda yang panjangnya selutut sama wedges. Ah, pengen terlihat kece malah jadi berabe. Tapi herannya Okran gak complain apapun sama outfits gue hari itu. Okran sendiri nyante banget. Pake celana jeans pendek selutut, t–shirt warna hijau yang dipadukan dengan rompi berwarna hitam plus sendal jepit. Yak, silahkan bayangin sendiri dandanan Okran.

Ini tiket bus yang gue beli bareng Okran pas ke Surabaya. Okran minta kita berdua masing - masing nyimpen tiket ini. katanya sih buat kenang - kenangan.

Kurang lebih 2 jam kemudian gue sama Okran nyampe di terminal Bungur Asih (sekarang sih namanya terminal Purabaya) Surabaya. Nyampe terminal gue bingung mau kemana. Akhirnya gue putusin ngajak dia ke Tunjungan Plaza (TP). Yap, itu merupakan salah satu mall terbesar dan mewah di Surabaya. Okran pun kemudian bertanya kepada beberapa kenek hingga akhirnya kami menemukan bus kearah yang kami tuju.

Sesampainya di depan TP. Gue agak meragu. Gue takut Okran diusir pihak security cuma karena dandanan dia lebih mirip sama orang mau ngamen daripada ngemol. Tapi syukurlah ternyata ketakutan gue gak terbukti. Dia boleh – boleh aja masuk walaupun gue yang agak tengsin dikit. Gue muter – muter mall tanpa tujuan sama Okran. Ngegemporin kaki mulai TP 1 sampai TP 3. Sudah mulai kecapean, gue kemudian ngajak Okran makan disalah satu food courtnya. Kelar makan gue bingung, mau ngapain lagi di TP sama Okran. Akhirnya gue putusin buat ngajak Okran nonton. Hari itu film yang menarik hati kita judulnya adalah From Paris With Love. Itulah film yang pertama kali gue tonton bareng Okran.

Ini tiket bioskop pertama kita nonton bareng. Okran juga minta disimpen buat kenang - kenangan.
Kelar nonton kita memutuskan untuk pulang ke Malang. Yah, kembali naik bus umum. Malam menyelimuti perjalanan kami. Gue memilih duduk di deket jendela sambil memandangi satu per satu rumah yang terlewati. Sungguh indah melihat sinar – sinar lampunya. Gue merenungi apa yang gue alamin hari ini. Disebelah gue Okran sepertinya sudah mulai terlihat mengantuk. Gue menatap dalam lelaki yang sekarang jadi pacar gue. Entah kenapa, gue merasakan ada sesuatu yang berbeda dalam diri Okran. Sesuatu yang gak pernah gue dapetin sebelum – sebelumnya dari mantan gue.

“Kamu kenapa? Kok mandangnya gitu?” Tanya Okran heran.

“Gak papa. Aku seneng aja”

Gue menarik wajah Okran. Gue cium pipi Okran dengan lembut.

“Makasih ya Okran ku sayang.”

“Iya, sama – sama.”

Okran membalas dengan kecupan lembut di kening sambil mengelus- elus kepala gue. Entah kenapa, gue selalu merasa bahagia dan terlindungi dengan keadaan seperti ini. Gue melingkarkan tangan gue ke lengan Okran. Gue sandarin kepala gue di pundak Okran. Okran masih mengelus – elus kepala gue. Dan gue merasa mata gue mulai meredup. Dalam sayup – sayup gue mendengar lagu Akhirnya Ku Menemukanmu dari Naff mengalun lembut lewat sound system bus.

To be continued...

No comments:

Post a Comment