Friday, October 26, 2012

Aku dan ShowTime Indonesia

Malang, 26 Oktober 2012

Perkenalkan, nama saya Dewi Patlia Novitasari. Nama char saya di ShowTime Indonesia (STI) adalah Devanosa. Sebelum saya melangkah lebih jauh saya ingin menceritakan bagaimana saya bisa jatuh dan tak bisa bangkit lagi akibat kecanduan game STI ini.


Sekitar bulan Februari 2012 lalu, Alhamdulillah, mantan kekasih saya (sebut saja Beybeh) diterima bekerja di salah satu perusahaan game di daerah Kuningan, Jakarta. Game yang dia handle bernama ShowTime Indonesia. Sebuah game karaoke online dimana para player nya bisa berkaraoke gratis selama – lamanya dengan catatan selama hayat masih dikandung badan.


Saya selalu heran kenapa setiap saya karaoke non – online di tempat karaoke yang telah tersedia si Beybeh selalu saja agak ngambek. Alasannya adalah “kenapa kamu gak karaoke ditempat aku aja kan gratis”. Saya masih ingat, bulan pertama Beybeh kerja di STI yang di ajak join adalah keluarganya, terutama emaknya. Saya makin heran kenapa emak – emak bisa maen game online? Sementara saya enggak? Sebagai anak muda gaul saya merasa gagal. *emot /21*


Pertengahan bulan maret 2012 saya memutuskan untuk terjun tanpa parasut ke dalam STI. Ngosongin 1 giga memory laptop. Download the game. Sign up. Dan terciptalah char bernama Devanosa. Saya masih ingat artist of the month saat itu, Last Child (CMIIW) yang lagunya sibuk nyariin tulang rusuk mulu. Saya jadi mikir kalo dalam sebulan itu tulang rusuk sama sekali gak ditemukan sama Last Child, dia pasti udah osteoporosis. (Kenapa jadi ngawur gini bahasannya. Oke lupakan. Fokus Devanosa)

Awal maen STI saya CEMEN Gresik banget (itu semen kaleeee). Oke, maksudnya saya cuma berani maen di….. training. Sampai akhirnya si Beybeh bilang ke saya kalau mau naik level kudu berani maen multiplayer. Dengan berbekal suara alakadarnya dan bar yang gak pernah Perfect, miss sana sini, dan nilai tertinggi adalah F, saya nekat beranjak ke multiplayer. Disinilah tingkat kegaptekan saya diuji. Dan nyatanya benar – benar gaptek. Saya sering kirim personal message (PM) ke Beybeh buat tanya – tanya sampe Beybeh keki dan bilang “Ayank kok oon banget sih, masa maen game gitu aja gak bisa.” Saya, langsung pasang emot /21.

Alah bisa karena biasanya. Saya akhirnya udah mulai bisa beradaptasi dengan STI. Mulai sering kelayapan. Channel ke channel, room ke room, panggung ke panggung saya sering bergoyang~ suka dan duka~ terkadang saya rasakan~ Tak tak gentak, JOSSS!!! *goyang ngecor*

Pada suatu hari, ketika saya merasa sudah mulai-agak-jago-walau-tetap-dongo saya memutuskan untuk bergabung didalam sebuah family bernama Serenade bentukan cc vyna (kalo gak salah nama cc nya). Family yang baru seumur upil. Mungkin cc vyna kasihan melihat saya yang selalu berada di posisi terbawah saat battle mengajak saya bergabung. Hiks. *puk – puk myself*

Unfortunately, saya agak gak betah berada di family tersebut. Mungkin karena family nya masih baru, membernya juga sedikit, membuat saya merasa kurang terekspos. Dan (sorry) ketua family nya sering pacaran di room. Dan saya agak gerah,hehehehehe… Sejujurnya saya mulai ingin show up. Saya mulai terdoktrin kata – kata Citra Scholastika waktu tutorial. Citra bilang POPULARITAS ADALAH SEGALANYA. Oke Citra, kamu sukses membuat saya mengencangkan ikat kepala. SEMANGAT!!!

Sampai akhirnya pada suatu sore yang mendung saya terdampar di sebuah room yang akan memainkan lagu Bruno Mars - Just the way you are. Saya pun langsung klik play dan ready kemudian menyanyi penuh penghayatan luar binasa. Kemudian di tengah – tengah lagu saya mendapatkan PM dari sebuah char dengan ikon berwarna biru yang berisi….
“cc, suaranya bagus banget”
“emot /18”
Akhirnya saya balas dengan “emot /17”

Selesai menyanyi char tersebut vote saya. Dan mengatakan ke penghuni room lewat chat public kalau suara saya ehm bagus. Saya terbang. Nyahahahahahaha…. Kemudian char tersebut menambahkan saya kedalam list teman dan idol nya. WOW. Serius saya saat itu bilang WOW. Saya gak tau mesti apa. Dia adalah orang pertama yang memberi saya Idol. Saya makin percaya diri untuk bernyanyi dan bermain STI.

Seminggu bermain STI saya selalu mengikuti kemanapun char yang memberi saya idol tersebut. Dengan harapan kalau saya bermain sewaktu ada dia, dia bakal koar – koar kembali bilang suara saya bagus. Kemudian char – char lain spectate dan vote saya. Kemudian cepatlah saya naik level. Yeah. Fix, saya licik, hehehehe… Ternyata strategi saya itu berhasil. Muahahahahahaha... *devil laugh*. Char yang memberi saya idol untuk pertama kali itu sepertinya adalah char yang begitu popular di STI. Sampai akhirnya saya terlibat PM bersama si char-pemberi-saya-idol-pertama-kali.


char-pemberi-saya-idol : cc anak mana?

Saya : aku anak Indonesia, sehat dan kuat *emot /08*

char-pemberi-saya-idol : serius cc *emot /23*

saya : aku domisili Malang *emot /08*

char-pemberi-saya-idol : cc udah punya family yah?

Saya : Iya sih. Tapi familynya gak terlalu aktif gitu.

char-pemberi-saya-idol : mau gak gabung di family aku? Kebetulan ketuanya anak Malang.

Saya : Hah? Serius ngajak saya? Emang bisa?

char-pemberi-saya-idol : iya. Sebentar yah. Tak tanya ketua familynya dulu.

Saya : Oke. *emot /17*


Gak berapa lama kemudian akhirnya saya bergabung dengan Family yang baru. Sebelumnya dan sesudahnya lewat tulisan ini saya meminta maaf kepada cc vyna kalau saya gak bilang – bilang keluar dari family. That’s my bad.


Pada awal saya bergabung dengan family saya yang baru ini saya agak herman sedikit. Saya merasa nama family ini terlalu (sorry) alay. Tapi saya sadar bahwa menjadi alay adalah salah satu tahapan yang pasti dilewati oleh seorang manusia sebelum beralih menjadi manusia dewasa sesungguhnya. Yeah, hidup 4L4y. *emot /30*


ANGEL VOICES (AV). Itu adalah nama family saya yang baru. Yang dalam bahasa Indonesia nya berarti Suara Malaikat. Saya agak merinding disko sendiri waktu mengartikan namanya. Sampai timbul pemikiran apakah salah satu dari member AV ada malaikat pencabut nyawa, pencatat amal buruk atau penjaga neraka? Apakah ketika saya berada di posisi terbawah dalam battle nyawa saya akan hilang? Apakah ketika saya miss pada bar termasuk dalam catatan amal buruk? Ataukah ketika saya mendapat nilai F saya akan masuk neraka? AAAAAAAAAAAAAA…. Keluarkan saya dari family ini…!!! *kemudian pingsan*


Namun Alhamdulillah, ketakutan – ketakutan saya itu tak tebukti. AV members orang – orangnya supel, humble dan suara – suaranya itu loh, aduhaaaaiiii aduh merdunya. Suara cowok-cowoknya pada berkarakter. Suara cewek-ceweknya renyah banget kaya kerupuk yang ada dalam kaleng berwarna biru di warteg-warteg. Saya otomatis minder. Namun ke-minder-an saya itu selalu di beri support oleh char-yang-memberi-saya-idol-pertama-kali. Dia selalu bilang “kita disini untuk fun kok cc jadi santai aja”

Kesibukan bekerja dan kuliah membuat saya mulai membatasi bermain STI. Kemerosotan euphoria itupun terjadi pada saya. Saya mulai jarang online. Mulai jarang sapa dan maen ke room family saya. Kalaupun online saya hanya idle atau sesekali bikin room bersama si Beybeh. Menemani Beybeh bekerja. Kalau saling kangen kami menyanyi bersama. Gonta gantian spectate. Mengobati rasa kangen karena hubungan jarak jauh Malang – Jakarta yang sudah kami jalani lebih dari 2 tahun. Yah, singkatnya kami pacaran di room. Oke, saya munafik. Saya akui saya pacaran di STI. Saya pacaran di room. Dan untuk cc vyna kamu boleh memaki-maki saya. *kemudian dilempar egg*


Day by day. Week by week. Month by month. Saya makin jarang online STI. Saya juga udah gak mojok lagi sama si Beybeh. Sebagai pacar yang baik saya harus paham kalo Beybeh mesti total dipekerjaannya. Saya vakum beberapa bulan di STI. Beberapa masalah pribadi bersama Beybeh juga membuat saya memutuskan diri untuk tidak ber-STI-lagi. Awal agustus 2012, saya dan Beybeh berpisah karena sebuah masalah. Dan tidak ada alasan lagi untuk saya bermain STI. *surrender*

*Maaf, diatas kelepasan curcol*

Akhir bulan September lalu entah kenapa saya kembali memberanikan diri untuk bermain STI. Saya hanya penasaran atas laporan dari salah satu teman saya bahwa char Devanosa online. Ketika disapa cuma diam. Pernah ikut nyanyi di salah satu room tapi suara yang keluar adalah suara perempuan lirih, kecil dan seolah sedih. Perkataan teman saya itu membuat saya merinding. Aih, jangan-jangan char saya di pake mbak kunti lagi,huhuhu….

Sebenarnya yang tau password char Devanosa itu cuma saya dan Beybeh. Beybeh terkadang emang sering pakai char saya buat ngetest lagu atau yang lainnya. Tapi sebelum menggunakan Beybeh selalu ijin (kadang juga gak ijin) sama saya. Tapi kalopun Beybeh yang pake suaranya gak kaya cewek. Suara Beybeh itu laki banget. Pokoknya suara Beybeh itu sejantan suara Agung Hercules yang kalau pas nyanyi barbel bisa melayang.


Sampai hari ini saya masih belum tau siapa yang memakai char saya. Sejujurnya saya hanya takut, char saya karena lama tak digunakan jadi sarang jin dan makhluk halus. Seperti rumah yang lama tak ditinggali oleh penghuninya hingga timbul penghuni baru yang tak kasat mata. Sampai-sampai saya pernah tweet ke @karaokeyuk untuk minta banned char Devanosa.




Kembalinya saya ke STI akhir September lalu itu membuka pikiran dan mata saya bahwa dunia game ternyata menyimpan berbagai macam aspek kompleks yang selama ini saya tidak pernah bayangkan kalau hal seperti itu eksis. Dua aspek yang menarik perhatian saya adalah KEKELUARGAAN dan KONFLIK.

1. KEKELUARGAAN
AV is my family. Saya kembali ke AV. Saya senang ketika saya online mereka (family saya) masih menuliskan “wb” atau “webe”. I really appreciate it. Dan saya pun mulai mengenal istilah baru yaitu AVengers. AVengers adalah panggilan untuk char kumulatif kami. It sounds nice. Reminds me one of the box office movies. :p

Suatu malam ketika saya online di room family saya, saya mendapati teman – teman sedang membicarakan tentang acara gathering. Entah kenapa karena merasa bersalah akibat jarang online, saya akhirnya menulis di family chat.

“Kalau pada mau bikin acara Gathering regional Malang sini aku yang handle”

Yak, pede saya berlebihan malam itu. Udah jarang online dan gak populer kok bisa nyepik macam itu. Lagi-lagi saya ditolong oleh char-yang-memberi-saya-idol-pertama-kali. Dia yang mengajak komunikasi teman – teman AV yang lain untuk attention sama saya. Dan malam itu, saya akhirnya diputuskan lewat musyawarah dan mufakat sebagai Ketua Gathering Angel Voices Regional Malang. Lala~ Yeyeye~ Lalala~ Yeyeye~.

Sebagai bentuk keseriusan saya pada AV, saya benar – benar total mengerjakan project gathering ini. Saya makin sering online STI cuma buat koar – koar acara gathering. Saya pun akhirnya didaftarkan dalam kontak group bbm dan satu per satu di add oleh teman – teman AV. Sedikit demi sedikit saya mulai tau wajah – wajah teman-teman AV.

Tanggal 12 Oktober 2012 ditetapkan sebagai hari berkumpul kami, AV regional Malang. Beberapa orang sudah mulai mendaftar dan memastikan diri untuk hadir di acara tersebut. Dan saya tentunya semakin antusias dan bersemangat. *kencangin ikat kepala*

H-1 sebelum gathering beberapa teman sudah mulai berkumpul. Yang bikin saya terharu adalah teman-teman ada yang jauh-jauh datang dari Surabaya, Sidoarjo, Tulungagung, Jember bahkan Banyuwangi. Well, this is not only Malang anymore. This is Jawa Timur Gathering.

Satu malam sebelum gathering saya sempat diajak kongkow oleh Ketua family saya, Mas Sony a.k.a BrandonBoyd untuk menemui teman - teman yang sudah datang dari luar kota sekalian evaluasi buat persiapan gathering. And, you know what, it was like surprise tau kalau yang maen STI di Family AV itu ternyata bukan bocah. Umurnya pada senior semua. Dan, saya pun juga bertemu dengan char-yang-memberi-saya-idol-pertama-kali, he was Mas Agus a.k.a Cobo. Finally, I met him. I met a person who always support me from the beginning until present. 

Suasana rapat malam itu. Dan foto paling atas itu adalah Super Junior feat Taylor Swift.
Tanggal 12 Oktober 2012 pun tiba. Tepat pukul 19.00 WIB molor sedikit acara Gathering Angel Voices Regional Jawa Timur pun dimulai dengan dinner bersama di Café Ria Djenaka dan berakhir pukul 02.00 WIB diparkiran mobil Mall Olympics Garden (baca : kelar karaoke bareng di Inul Vista)


 
(Berdiri) dari kiri ke kanan : Abdil, Enok. Adit, Radit, Aldi, Samid, Agung, Fika, Bayu dan Ardiansyah. (Duduk) dari kiri ke kanan : Aditya, Sony, Agus, TITI KAMAL, Rizky, Nadi dan Dimas.




























Atas kiri ke kanan : Rockefeller, GoDisco, Raditadiput, Einoct, Leviosa, Cobo, Flightless, Rhonin, Pikaperes, Shiivas, UpDeal. Bawah kiri ke kanan : Sasukeeeee, BrandonBoyd, KATYPERRY, LieBrown, LikeJagger dan Keyska










Dear AVengers, bersiap-siap lah kalian untuk hentakan THE NATIONAL GATHERING OF ANGEL VOICES SHOWTIME INDONESIA. Info kepo follow twiiter @_AngelVoices

2. KONFLIK.

Selesai acara gathering saya menjadi kembali eksis di STI. Pertemuan dengan teman – teman AV kemaren menghasilkan koneksi yang lebih dalam di hati saya. Saya punya teman-teman baru dari berbagai daerah. Saya punya wawasan baru. Dan saya juga mendapatkan pemahaman baru dalam dunia game. Saya menemukan konflik. Saya menemukan persaingan char. Saya menemukan persaingan family. Dan saya juga menemukan persaingan asmara. Uwoooooo.....

Seminggu kemudian tepat tanggal 19 Oktober 2012 saya diminta Mas Sony untuk menemaninya ke acara Gathering All Family STI se-Malang Raya. Saya begitu excited sekali. Mungkin karena saya suka bertemu dengan orang – orang baru. Dan yang bikin saya salut adalah walaupun kami datang dari berbagai family yang berbeda (yang notabene ada dalam persaingan dan konflik antar char) kami bisa menyatu dalam suasana yang hangat dan saling menghormati.

Terima kasih buat pasangan romantis Rizki a.k.a Frizkii dan Fisca a.k.a yukichacha yang sudah berinisiatif dan mengetuai acara gathering tersebut. Now, Rizki becomes like my litle brother. Dia soalnya sering sms saya  malam – malam atau minta online facebook cuma buat curhat (Hahai, skak mat lo Ki,hee). Buat my twin Fisca, ternyata kita mirip banget yah kalo pas bangun tidur. Bedanya aku doyan banget sama mandi sementara kamu enggak,huhuhu…. (Maaf ya twin, aku sebarin aib kamu. Muach.) Terima kasih juga buat teman – teman All Family STI Regional Malang yang kemaren juga berkenan hadir dan memeriahkan pertemuan kita. Tak kenal maka Tata Young. You guys are RAWK…!!!

Pertemuan All Family STI regional Malang itu memberikan saya sebuah pandangan baru, terutama konflik – konflik yang tidak mengenakan. Saya dapat cerita bahwa ada yang pernah diludahin dan hampir digebukin karena rebutan room, ada yang heboh modus di STI tapi di real nya diam tanpa kata, ada yang sinis – sinisan, ada yang satu family musuhan, ada yang doyan ternak char, ada yang doyan ngomong jorok dan kasar pas TOA, ada yang berantem rebutan cewek/cowok dan yang paling parah ada perselingkuhan terselubung. *menahan diri untuk tidak bilang huft* HUFT…!!!

Saya akui saya emang pendatang baru di dunia game. Mungkin untuk beberapa orang konflik yang saya bicarakan di atas tadi adalah common. Tapi saya punya pemikiran lain. Buat saya, walaupun kita berada di dunia cyber yang namanya budaya Indonesia yang udah diajarin dari kita kecil untuk saling menghargai dan menghormati antar sesama manusia itu tetap mesti dijunjung. Setiap manusia memang tidak ada yang sempurna. Semuanya serba bertolak belakang. Namun, menurut saya itu bukan alasan untuk kita menjadi terpecah. All Family in STI is "our family". That's why kita punya facebook Showtime Indonesia All Family.

Saya yakin, STI bukan hanya untuk komersil tapi juga ada makna persatuan di dalamnya. Bisa menyatukan seluruh lapisan masyarakat tanpa peduli umur, status sosial, suku, agama dan ras merupakan prestasi yang luar biasa. Mungkin suatu hari dengan STI kita bisa mempertahankan kedaulatan negara kesatuan kita ini. Jadi untuk apa berkonflik? Untuk apa kita selalu memenangkan ego kita? Untuk apa kita mesti menjadi orang yang tidak baik? Untuk apa kita berada di jalur hitam? Toh, pada kenyataan kita adalah satu dan saling membutuhkan. If you want to get respect from others so respect those first. If you don’t get the respect so show yourself up as respectable people.

Dear ShowTime Indonesia,

We are here for playing,
We are here for singing,
No more fighting.
 
We are here without jeep,
We are not Shaun the sheep,
Just for friendship.
And we unite for Indonesia.
*kibar – kibar bendera merah putih*

To sum up, saya mewakili Angel Voices dan diri saya pribadi mengucapkan :

HAPPY FIRST ANNIVERSARY SHOWTIME INDONESIA. Semoga semoga dan semoga. Yeah!!!

Last but not least, I would like to say big thank to the man who introduced me STI. Keep smile and happy working always. I believe Allah selalu jaga kamu dimanapun dan kapanpun. Terima kasih ElFalsetto. :’)))




Respect,
Devanosa.

3 comments:

  1. wah... PERTAMAX SETTOH KW 9 KOMEN. NYAHAHHAHAHAHA!!

    ReplyDelete
  2. Ketawa sendiri gue baca blog lu, ttp nulis y ttp nyebarin kebajikan lewat tulisan#koq malah kayak yusuf mansur yak sarannya.

    ReplyDelete