Sunday, October 7, 2012

Days Without Okran - Part 3 : (Masih) Malang dan Okran

Selama Okran di Malang, gue ngerasa bahagia banget. Okran mampu bikin hari-hari gue yang sebelumnya kayak baju belum disetrika jadi ceria dan istimewa. Hingga pada suatu malam, gue kembali mengajak Okran makan disebuah warung lalapan ayam.

“Kamu kok aneh sih yank. Masa makan lalapan pake sendok ama garpu. Dimana – mana mah makan lalapan tuh enaknya langsung pakai tangan” sindir gue.

“Aku gak biasa makan pake tangan langsung. Mungkin tepatnya gak bisa kali ya”

Gila. Sengak banget sih ni orang. Gue menggumam dalam hati. Gue makin penasaran sama kondisi keluarga Okran yang sebenarnya. Masa makan pake tangan langsung aja gak bisa. Anak raja dari mana lo? Gue masih menggerutu dalam hati.

Kelar makan gue ngajak Okran nongkrong diteras depan kostan gue. Maklum selain abang tukang aqua galon sama abang tukang gas elpiji, kostan gue melarang segala bentuk cowok untuk masuk.

“Ini ngapain kita duduk – duduk di teras gini. Kaya pembantu –pembantu kalo lagi pada pacaran aja”

JANC***!!

Sesumpahan kasar khas Jawa Timur itu menggema didalam hati gue. Entah kenapa gue selalu merasa gue adalah orang yang gak pandai show up dalam hal kesel atau marah. Gue lebih suka diem kalo gue lagi emosi.

“Ini orang gak punya cermin kali yak kalo pas ngomong. Berarti apa yang kita lakuin sekarang gak ada bedanya dong ama pembantu” gue ngedumel dalam hati.

Gue kembali penasaran sama Okran. Kalaupun Okran bukan anak orang kaya seperti yang dia bilang, gak seharusnya lah dia bertutur macam orang tajir sedunia akhirat. Gak wajar kalo orang miskin itu sombong. Gak ada kamusnya orang susah itu meremehkan status sosial orang lain.

“Eh ayank, aku boleh nanya gak?” Gue mulai akrab memanggil Okran dengan panggilan “ayank” yang tingkat keeksisannya sejagad raya. Panggilan ke pacar yang digunakan hampir separuh dari pasangan yang ada di Indonesia.

“Emang mau nanya apaan?” Okran balik bertanya.

“Ehm, kamu berapa saudara sih di Bekasi?”

“Kalo saudara kandung sih aku cuma punya satu. Adik cewek aku. Masih SD kelas 5. Namanya Isaura.”

“Oh. Jadi kamu anak paling tua yah. Btw, sekarang kamu kerja apa? Masih di gadget store itu?”

“Udah gak gawe lagi sekarang. Sama nyokap di suruh fokus kuliah aja. Habisnya kuliah aku berantakan gara – gara gawe. Tapi entar sih aku mau coba ngelamar jadi sales bahan bangunan gitu. Kasihan juga ngeliat bokap. Udah tua, sakit – sakitan tapi masih aja gawe. Aku gak sampai hati juga ngelihat kondisi rumah yang ngepas banget buat makan, sekolahnya adik ama kuliahnya aku.”

JLEB!!!

Gue ngerasa ketampar denger Okran ngomong begitu. Gue yang awalnya jengkel, mendadak jadi terharu dan kagum. Berarti pemikiran jelek gue sebelumnya tadi itu prasangka buruk. Astaghfirullah, gue su’udzan sama pacar gue sendiri. Asli, ini Okran makhluk dari planet mana sih? Gue makin di buat penasaran sama pribadinya dia.

“Besok aku mesti ke kampus seharian. Ada kuliah dari jam 7 pagi sampai jam 3 sore. Kamu gak papa kan aku tinggal dulu. Ntar malamnya kita jalan lagi.”

“Ya udah. Kalo gitu sekarang kamu tidur” ujar Okran.

Kuliah seharian tanpa henti dan hanya beristirahat selama waktu sholat dzuhur membuat gue tepar gak karuan. Pulang dari kampus, gue memutuskan untuk tidur. Gue udah gak memperdulikan lagi handphone gue yang berbunyi berulang – ulang. Telepon dari Okran.

Pukul tujuh malam gue terbangun. Gue kaget karena seseorang mengetuk pintu kamar gue. Ternyata tetangga kamar sebelah. Dia memberitahukan bahwa Okran ada didepan kostan menunggu gue. DAMN!!!

Tanpa berpikir panjang lagi, gue menemui Okran. Tanpa berdosa gue langsung memeluk Okran dan minta maaf, hehehe… yaa minta maaf. Minta maaf karena mengabaikan dia sejak beberapa jam yang lalu.

“Maafin aku yah. Bukan maksud aku nyuekin kamu. Tapi aku bener – bener capek.”

Okran melepaskan pelukan gue. Dia menaruh kedua tangannya di pipi gue. Menekan pipi gue sampai bibir gue monyong.

“Iya gak papa. Tapi bukan berarti menghilang gitu aja kan. Aku khawatir kamu kenapa – napa gendut.”

“ Ih, aku gak gendut. Fitnah amat sih”

“ Iya deh, kamu gak gendut. Tapi perut sama badan kamu kayak karung beras” Okran bicara sambil mencubit perut gue yang gak bisa gue pungkiri memang seperti om – om yang kebanyakan minum bir.

“ Ya udah, aku cuci muka dulu yah. Habis itu kita jalan – jalan”

“Cuci muka doang yah, gak usah pake dandan.” Okran menegaskan.

“Iya. Ngapain juga pake dandan, kan aku juga udah punya pacar,heee…”

Gue mengitari gelapnya malam bersama Okran. Iklim kota Malang yang dingin tidak menghalangi kami untuk menjelajah setiap sudutnya. Bercanda dan bernyanyi di atas dua roda. Untuk kesekian kalinya gue merasakan kebahagiaan itu ada di hati gue. Ya, bersama Okran. Disisi Okran.

Gak terasa waktu menunjukan pukul 23.40 WIB. Gue dan Okran telah berada di kostan setelah lelah menjelajah kelamnya Kota Malang. Kita kembali duduk di depan kostan gue.

“Eh, tunggu bentar yah. Ada yang mau aku kasih ke kamu” Okran memecah keheningan.

Gue melihat Okran melangkah kearah motor yang terparkir. Membuka jok kemudian mengambil sebuah bungkusan. Okran kembali menemui gue. Herannya sebelum sampai dihadapan gue, Okran menaruh handphonenya di atas sebuah kursi. Mengarahkan kamera tepat didepan gue. Kemudian terdengar bunyi “bip” tanda video recorder sedang aktif merekam.

“Eh apa – apaan nih? Kok pake direkam segala?” gue mendadak heran.

Okran tersenyum kemudian duduk disebelah gue sambil menghadap kearah kamera.

“Hai. Nama gue eh nama aku Okran. Disebelah aku sekarang ada pacar aku. Malam ini tanggal 04 Maret 2010. Dan pada malam seperti ini juga, tepat sebulan yang lalu kita jadian. Jadiannya sih gak lucu, lewat sms gitu. Tapi aku gak peduli bagaimana cara kami jadian. Yang penting sekarang adalah aku ada disamping perempuan yang paling aku sayang”

Gue speechless. Gak tau mesti ngomong apa. Gue melongo. Dan kamera masih merekam jelas ekspresi gue saat itu.

Say something dong yank” Okran menyapa gue.

Gue mengarahkan wajah ke kamera.

“Aku gak tau mesti ngomong apa. Sejujurnya aku lupa kalo hari ini kita satu bulanan. Hahahaha…” Gue bicara tanpa rasa bersalah. Okran tersenyum simpul.

“Ini buat kamu.” Okran memberikan bungkusan yang tadi di ambilnya dari dalam jok motor.

Gue membuka sambil bertanya “Apaan nih?” sementara Okran hanya menjawab “Udah, buka aja dulu.” Kamera masih merekam.

Gue pun mendapati 3 buah wadah tertutup (semacam tempat cotton buds). Tepian bening dari masing - masing wadah tersebut ditutupi oleh hiasan kertas berwarna merah, hijau dan biru tua. Di seputaran sisi dari kertas tersebut ditempeli semacam jelly karet kecil berwarna – warni. So sweet!!

“Ini apa?” gue masih heran campur takjub.

“Jadi dalam 3 wadah ini ada sekitar seratus stik es krim. Dimana masing – masing sisi stiknya aku tulis kenangan, kebiasaan, pengalaman kita selama sebulan ini. Selain itu aku juga nulis harapan – harapan aku buat kita di masa depan. Setiap hari kamu cuma boleh ambil satu buat dibaca.”

Gue speechless. Rasanya ada genangan hangat dimata gue.

“Kenapa milih warna merah, hijau sama biru? Terus aku mesti mulai dari yang warna apa dulu?” gue bertanya keroyokan.

“Warna merah itu melambangkan cinta kita yang membara. Warna hijau itu warna favorit aku dan hijau itu segar. Aku pengen cinta kita fresh terus setiap hari. Kalo biru itu ehm kaya symbol of ocean. Jadi cinta aku buat kamu itu seluas samudera.”

“Hahahahahahaaha…. Gombal banget!!!” gue ngakak kena gombalan. Okran cuma nyengir.

“Terus aku mesti mulai dari yang warna apa nih bacanya?”

“Karena aku tau kamu suka warna biru, jadi kamu mulai bacanya dari yang warna merah aja. Terus kalo udah abis lanjut warna hijau dan biru yang terakhir. Ingat gak boleh curang. Sehari cuma boleh ambil satu karena gak akan seru kalau kamu ambil langsung banyak.”

Gue mengangguk tanda paham.

“Jadi make a wish dong yank buat kita. Ngomong depan kamera”

Gue kembali mengarahkan wajah ke kamera.

“Aku bingung mesti apa sekarang. Aku gak punya persiapan apa – apa. Dan aku gak punya sesuatu apapun buat aku persembahin. Harapan aku adalah pokoknya kamu selalu dan tetap cinta aja deh sama aku”

Okran menggenggam tangan gue. Menatap mata gue.

“Selamat satu bulanan ya yank. Selamat tanggal empat.”

Kecupan hangat mendarat dikening gue. Tenang, damai dan bahagia. Air mata gue jatuh. Gue terharu. Ya, gue benar – benar terharu.

Okran mematikan video recorder setelah adegan romantis itu.

“Kamu kapan bikin ini semua?” gue bertanya kembali.

“Tadi siang aku bikinnya seharian pas kamu kuliah.”

“Boleh dibuka gak?”

“Yup, silahkan. Ingat sehari cuma boleh satu ngambilnya. Gak boleh curang.”

Gue mengangguk.

Sesuai permintaan Okran. Gue memulai dengan wadah berwarna merah. Gue membuka tutupnya. Didalam wadah tersebut ada sekitar tiga puluhan stik es krim. Gue mengambil satu stik kemudian membaca masing – masing tulisan yang ada ditepiannya.

“Hampir batal ke Malang” stik sisi pertama

“Gara – gara uang aku ilang” stik sisi kedua.

Gue tersenyum. Yah, gue jadi ingat kemaren Okran hampir aja batal ke Malang gara-gara kehilangan uang. Setelah berembuk, akhirnya gue dan Okran memutuskan joinan uang biar Okran bisa ke Malang. Ya, gak mudah memang membuat Okran bisa berada di Malang. Tapi gue bersyukur sekarang Okran sudah ada disamping gue dan kami mampu saling memeluk.

Malam yang istimewa. Malam yang gak akan gue lupain seumur hidup gue. Tapi entah kenapa saat itu juga gue merasa ada yang menyesak dalam dada gue.

“Gak kerasa yah kalo besok aku harus pulang ke Bekasi. Aku harap kamu bisa ikut. Aku mau kenalin kamu ke keluarga aku”

Lagi – lagi gue terdiam. Gue melingkarkan tangan gue ke leher Okran. Gue memeluk Okran dengan erat dalam isakan...

*To be continued...*

Memories were here...





No comments:

Post a Comment