Saturday, October 20, 2012

Days Without Okran - Part 4 : Video Panas


“Pinjem hape kamu dong. Aku mau bluetooth video kita tadi”

Suara Okran sedikit keras untuk pukul 12 malam. Tanggal empat telah usai dan bergulir ke hari berikutnya. Tanpa ragu gue memberikan hape gue sama Okran. 

“Semoga memorinya masih banyak yang kosong”

“Yaaa… kalo gak muat hapus aja beberapa filenya” suggest Okran.

Okran mengotak atik hape gue. Sementara gue masih sedih mengingat Okran besok bakalan pulang ke Bekasi. Pulang ke kampung halamannya. Jauh dari gue.

“Video apaan nih?” Okran memecah keheningan sambil memperlihatkan layar hape ke pandangan gue.

DAMN!!!

Gue refleks langsung merampas hape dari tangan Okran.

“Itu video kamu ama mantan kamu kan? Kok masih disimpen aja di hape. Masih sayang yah? Kalo masih sayang ngapain pacaran sama aku.”

Gue diam. Gue gak bisa ngomong apa - apa.

“Kenapa diem? Kalo diem berarti emang masih sayang. Ya udah, gak ada gunanya aku kesini kalo cuma jadi pelampiasan” Okran berkata sambil melangkah pergi.

“Ayank, please. Denger dulu penjelasan aku.”

Gue menarik tangan Okran. Okran mengibaskan tangannya dari tangan gue. Okran gak  memperdulikan gue. Dia menyalakan motor kemudian pergi meninggalkan gue. Gue cuma bisa berderai air mata. Melihat punggung Okran yang semakin menjauh dari hadapan gue.

Gue kembali kekamar. Gue mencoba menghubungi hape Okran. Gue telpon berkali – kali tapi gak diangkat. Gue menangis. Gue menyesali kenapa gue begitu bodoh masih menyimpan video jalan – jalan bersama mantan gue.

MAAF. Gue mengirim sms ke Okran. Gue masih sesenggukan. Gue merasa capek. Gue butuh tidur.
                                                           
Keesokan harinya gue nyamperin Okran di rumah Om Irfan. Rumah dimana Okran menginap selama di Malang. Om Irfan ternyata saudara dari ayahnya Okran yang kebetulan tinggal di Malang.

“Walah cah ayu. Ojo sedih yo ditinggal sang kekasih” goda Om Irfan sama gue. Gue cuma bisa nyengir kuda dikatain begitu sama Om Irfan. 

“Okran nya udah bangun Om?”

“Udah. Itu kayanya lagi beres – beres dikamar. Masuk aja”

Gue mendatangi Okran dikamar yang Om Irfan bilang. Sesampainya disana gue melihat Okran merapikan beberapa celana dan baju – bajunya kemudian memasukkan kedalam tas ransel. Melihat pemandangan itu, kelopak bawah mata gue memanas. Okran tidak memperdulikan gue yang berdiri mematung ditengah pintu. Dia sepertinya tau keberadaan gue tapi berusaha untuk tidak menggubris.

Yaaaaaank…. Gue berucap lirih. Maafin aku. Aku sayang sama kamu…

Okran masih diam dan fokus dengan apa yang dia kerjakan. Gue akhirnya memberanikan diri mendekati Okran.

“Yank, kamu aku antar yah ke stasiun” bujuk gue.

“Gak perlu. Aku bisa naik angkot kok. Gak usah repot - repot” Okran menjawab dengan judes.

“Yank, jangan marah dong. Gak enak sama Om Irfan kalo ketauan ngambek – ngambekan kaya anak kecil gini” gue masih berusaha untuk membujuk.

“Lebih gak enak lagi kalo tau pacar kamu ternyata masih sayang sama mantannya” sindir Okran.

Gue diam. Gue bingung. Gue gak tau mesti apa. Gue pengen marah tapi untuk apa. Gue pengen nangis tapi gak enak sama keluarga Om Irfan.

“Biarin aku yang nganter kamu ke stasiun. At least, kalo emang kamu gak mau lagi jalan sama aku. Aku punya sesuatu untuk dikenang.” Gue berbicara sedikit mengisak.

Okran berhenti sejenak dari aktivitasnya kemudian memandangi gue.

“Jangan nangis. Malu sama Om Irfan. Ayo, buruan kita ke stasiun”

Setelah pamit dengan Om Irfan sekeluarga, gue dan Okran naik motor menuju Stasiun Kota Baru. Malang siang ini panas banget. Sepanas keadaan gue sama Okran sekarang.

Okran membonceng gue. Kami gak banyak bicara. Sesekali gue hanya bicara untuk mengarahkan jalan ke Okran. Sepanjang jalan gue gak mau melepaskan pelukan gue ke Okran. Gue merasa mungkin ini terakhir gue bisa memeluk orang yang gue sayang. Sejujurnya, sedikitpun gue gak mau jauh. Gue gak mau pisah…

Stasiun siang itu begitu padat. Gue mengantarkan Okran sampai ke tempat duduknya di dalam kereta. Yah, kembali kereta Matarmaja. Gue melihat betapa kotor, sumpek, gerah dan padatnya kereta ini. Membayangkan Okran mampu bertahan di kondisi seperti ini selama kurang lebih 18 jam membuat gue salut. Kalo gue yang mesti naik, mungkin gue bakal stroke. Setelah menaruh ranselnya, Okran mengajak gue untuk keluar dan duduk dikursi yang memang disediakan untuk menunggu. Sekarang pukul 12.30 WIB gue masih punya waktu setengah jam untuk membuat segala jadi baik.

“Yank, aku minta maaf. Aku gak ada maksud buat bikin kita jadi gak enak kaya gini. Aku udah gak ada perasaan apa – apa lagi sama mantan aku. Yang aku sayang sekarang itu cuma kamu. Aku cuma lupa aja ngapus video itu ”

“Gak tau. Aku ngerasa sia – sia aja kesini”

“Maafin aku yank. Aku mesti gimana biar kamu maafin aku. Biar kamu yakin aku kalo aku beneran sayang sama kamu”

“Ikut aku ke Bekasi”

JLEB. Gue shock. Gue gak mungkin sekarang bisa ikut ke Bekasi. Gue mesti kuliah. Gue belum liburan. Pikiran – pikiran itu berkecamuk didalam hati gue.

“Maafin aku”. Gue menangis sambil menutup wajah dengan kedua tangan gue. Bahu gue bergetar.
Okran menarik kepala gue ke bahunya. Dia mengelus kepala gue. Membenarkan rambut dan poni kebelakang telinga gue. Gue merasakan dia mencium kepala gue.

“Udah. Jangan nangis lagi. Udah aku maafin kok.”

Ada perasaan lega di hati gue. Namun, perasaan karena telah termaafkan itu membuat gue malah makin terisak di bahu Okran.

“Hey, udah dong ayank nangisnya. Aduh, basah nih kena ingus, baju baru dari kamu”

Seketika kemudian gue mengangkat wajah gue. Menggosok air mata dan ingus yang tadi bercucuran. Gue langsung memandangi baju yang Okran pakai hari ini.

OH MY… Saking kalutnya gue ampe gak ngeh kalo Okran dari tadi make baju yang kemaren kita beli pas jalan – jalan ke Matahari Matos. Kemeja katun. Bermotif kotak – kotak kecil berwarna hitam dan putih. He’s so gorgeous with the shirt. That’s my boy.

“Kamu kok pake sekarang sih bajunya. Takutnya ntar kotor pas di dalam kereta?”

“Kamu kan bilang mau liat aku pakai baju ini. Kapan lagi aku pakai kalo gak sekarang.”

Aku tersenyum. Ah, I love him. I do really love him so much.

Foto – foto yuk yank. Biar foto kita banyak. Kalo aku kangen bisa ngeliatin terus.pinta Okran.

Gue menyetujui ajakan Okran. Okran ngejepret beberapa foto kami berdua. Gue udah gak peduli lagi seberapa kuyu gue saat itu karena habis menangis. Gue cuma pengen nurutin kemauan Okran. Gue cuma pengen ngebahagiain Okran. 

Kerasnya peluit kereta membuat gue dan Okran agak tersentak. Pengeras suara bergema seantero kestasiun. Mengumumkan bahwa Kereta Matarmaja jurusan Malang – Pasar Senen akan segera diberangkatkan. Mendengarnya, gue merasa ada kengiluan didalam hati gue. Okran berdiri begitupula dengan gue.

“Yak. It’s show time. I have to go”
 
Okran memeluk gue dengan erat. Kami saling berpelukan. Okran meregangkan pelukannya. Menaruh kedua telapak tangannya menutupi telinga gue. Then, he kissed my forehead. He kissed both of my eyes. He kissed both of my cheeks. And finally, he kissed my lips just for a second.

Kereta mulai berjalan perlahan. Okran berlari menuju pintu masuk kereta. Okran berdiri di pintunya. Memandangi gue dengan tatapan yang sendu. Gue melihat sedikit demi sedikit Okran semakin menjauh.

I LOVE US. Gue sedikit berteriak kepada Okran.

Okran tersenyum mendengar gue mengucapkan itu. Sesaat kemudian, gue melihat tangannya menghapus sesuatu yang mengalir dari matanya. Sebuah tetesan air mata. Yah, Okran menangis. Gue melihat Okran menangis di kejauhan, jauh, dan semakin menjauh dari gue. Hingga akhirnya gue sudah kehilangan pandangan akan Okran. Gue hanya mampu melihat kereta yang berwarna kuning bercorak biru itu mulai menjadi sebuah titik kemudian seolah hilang begitu saja…

To be continued….

2 comments: